Monday, August 13, 2012

Plan Z... maybe

Yap, terulang lagi..

Momen seperti inilah yg bikin saya bingung setengah mati. Tidak cuma sekali, bahkan sudah beberapa kali, tapi entah kenapa saya tetap masih bingung ngatasinnya.

Dalam mempersiapkan sesuatu, apapun itu, memang sudah selayaknya kita berfikir jauh kedepan. Menerawang menembus bayang-bayang. Jauh memikirikan kira-kira apa saja yang akan terjadi dan bagaimana cara kita mengatasinya jika itu terjadi. Ada satu pepatah yang paling saya suka (karena sy sendiri yg bikin :p) yang berbunyi:
"Just do the best you can do. Hope for the best, prepare for the worst" -gopal
Nah, bagian prepare for the worst inilah yang ternyata selalu tidak terduga.
Ketika kita menerawang kira-kira kemungkinan terburuk apasih yg akan terjadi dan sudah merumuskan rencana cadangannya, ternyata yang kejadian adalah sesuatu yg melebihi expektasi terburuk yang semula sudah diperhitungkan -___-
Ketika awalnya Plan --> B, yang kejadian malah Plan B dan diganti dgn Plan C. Dan sekarang yg kejadian ternyata lebih WAH lagi, ketika awal mempersiapkan Plan A B --> C, yang kejadian malah Plan A B C dan diganti dgn Plan D #eaaa

Tapi sebetulnya setelah dipikir baik-baik, disitulah Allah menguji seorang hambanya. Disitu pula Allah membimbing dan menaikan "level experience" kita. Bukankah seharusnya kita merasa senang? Pada hakikatnya, apa yg terjadi ketika mempersiapkan sesuatu yg kecil seperti ini sebetulnya sama dengan apa yang terjadi dalam kehidupan. Kejadian seperti ini hanyalah latihan agar di kejadian yang lebih besar kelak kita sudah siap dan tidak berkata "tapi kan........."

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat" (QS 2:214)

Ketika kita yakin kalau ini adalah ujian dari Allah dan kita yakin bahwa Allah tidak mungkin menyia-nyiakan hambanya, janganlah berputus asa karena sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. Sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat..

Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat (QS 15:56)

No comments: